Apakah Ilegal Loging?

Di daerah kalimantan sering terjadi kasus Illegal Loging. Apakah sih Illegal Loging ? Illegal Loging adalah adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat.

Dampak dari Illegal Loging menyebabkan hutan menjadi gundul.  Dengan gundulnya hutan terutama dinegara yang beriklim tropis akan mudah disapu air apabila hujan lebat yang bisa mengabiskan sumber ikan di pantai danbisa mengubah tanah menjadi padang pasir.

Di Indonesia sendiri, umumnya pengundulan hutan untuk dijadikan kayu bakar dan membuka lahan pertanian baru.  Tetapi di kalimantan maraknya penjualan kayu yang di cukongi bos dari Malaysia. Juga melibatkan oknum masyarakat, oknum TNI dan oknum kepolisian serta oknum pemda setempat.

Penelitian Greenpeace mencatat tingkat kerusakan hutan di Indonesia mencapai angka 3,8 juta hektare pertahun, yang sebagian besar disebabkan oleh aktivitas illegal logging atau penebangan liar (Johnston, 2004). Sedangkan data Badan Penelitian Departemen Kehutanan menunjukan angka Rp. 83 milyar perhari sebagai kerugian finansial akibat penebangan liar (Antara, 2004).

Sangat sulit memberantas Illegal Loging walau sudah dipayungi oleh Hukum. Dan diatur dengan UU No.41 tahun 1999 tentang kehutanan yang digunakan oleh penegak hukum untuk menjerat pelaku Illegal Logging.

Pasal 50 ayat 3 huruf (f) dan (h) UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan terancam hukuman pidana penjara selama 9 tahun.

Sesuai dengan makna penebangan ilegal dalam UU tersebut, penegak hukum memfokuskan investigasinya kepada menemukan bukti fisik tentang penguasaan kayu ilegal. Karena fokusnya kepada pencarian bukti fisik, target yang paling cepat didapat oleh penegak hukum tentunya adalah pelaku di lapangan seperti supir truk yang mengangkut kayu tanpa dokumen yang sah. Namun, penegak hukum akan mengalami kesulitan untuk membuktikan adanya hubungan antara bukti fisik yang dibawa oleh supir tersebut dengan cukong kayu dan koruptor yang menjadi aktor intelektual illegal logging (Kapolda Sumut [2004]).


Tentang rositaindrasari

Ibu 2 orang anak : Orchidita Lystia dan Pradita Rhagastra. Lulusan Sarjana Hukum Universitas Krisnadwipayana.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s