Berhenti Mengeluh – AL Qolam : 48

O Channel : Titian Iman tgl 17 Oktober 2012 jam 4.30 pagi.

Dibawakan oleh Ustd AA hadi dan Cece Kirana.

Berhenti Mengeluh di Atur dalam Al Qolam : 48

Sebagai manusia, begitu lahir dan Akil Baliq kepinginnya hidup enak. Ada yang dibutuhkan dan segera muncul. Seperti kepingin mobil besok langsung beli mobil, kepingin rumah besok langsung beli rumah. Tapi hidup tidak selalu seperti diharapkan. Kerikil kehidupan pasti ada. Ranjau-ranjau kecil dan besar juga menghadap. Kita senantiasa siap apapun yang terjadi dikehidupan dunia. Kehilangan anak, kehilangan suami, kehilangan istri baik diambil oleh Allah Swt atau bercerai, kehilangan harta dari kebakaran, dijual atau di ambil oleh orang lain.

Semua orang pasti memiliki keinginan, impian dan harapan. Tapi tidak semua orang mampu meraihnya, dan banyak yang seakan tidak mampu menyentuhnya. Hampir, sebagain orang di dunia tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dan apa yang dilakukan orang yang gagal meraih impiannya ????? Pasti Mengeluh kepada Allah Swt memberikan hidup saya begini dan Mengeluh pada orang lain dengan deritanya.

Fitrah manusia, punya emosi, perasaan senang, perasaan sedih dan perasaan marah serta perasaan komplain apa yang dirasakan. Istri yang merasa kurang uang belanjanya dari suami, karyawan dan karyati yang mengeluh karena pekerjaannya tidak sesuai dengan gajinya. Dan mengeluh tidaksepaham antara diri kita dengan rekan kerja atau dengan bos atau dengan klien atau dengan hal yang sepele. Suami atau istri yang sampai sekarang belum punya rumah dan belum diberikan keturunan. Rumah tangga direcokin oleh ipar dan mertua atau orang tua atau saudara kandung sendiri.

Hidup adalah ujian. Allah Swt memberikan kemampuan kepada hambanya dengan ujian yang diberikan kepadaNYA. Bersyukur atas ujian Allah Swt karena orang diuji oleh Allah Swt berarti orang yang disayang oleh Allah Swt. Kesulitan hidup bukan harus bercerita kepada semua orang, bahwa dia menderita. Apakah curhat tersebut bisa menyelesaikan masalah ?????? Yang menyelesaikan masalah hanya Allah Swt. Semakin kita curhat akan diderita kita kepada orang lain. Semakin Allah Swt memberikan bertubi-tubi ujian tanpa jalan keluarnya.

Kesulitan hidup manusia disarankan perbanyak sujud dan mengeluh kesah kepada Allah Swt. Allah Swt tidak pernah bosan, mendengar keluhan manusia kepada Allah Swt. Tetapi manusia sendiri malah bosan atas deritanya.

Keluhan-keluhan yang dirasakan oleh seorang karyawan atau karyawati itu merupakan reaksi yang alamiah ketika ada ketidaksepahaman antara diri kita dengan rekan kerja, atau dengan bos, atau dengan klien, atau bahkan dengan hal-hal yang sepele. Rutinitas ibu rumah tangga, mengurus suami, anak dan mengurus rumah akan menimbulkan kejenuhan. Dari kurang uang belanja dan anak yang nakal serta suami yang kurang mengerti capainya pekerjaan sehari-hari tanpa pembantu rumah tangga. Akan menjadi jebakan dan lingkaran hidup. 

Namun apabila keluhan itu tidak segera tertangani dengan baik, baik dari pribadi yang mengeluh atau si penyebab keluhan itu, tentu lama kelamaan akan menurunkan kualitas diri kita, yang tidak hanya akan mengganggu performa kerjanya, tapi juga kualitas hidup.

Agar keluhan itu tidak menjadi boomerang bagi diri kita sendiri, Islam menyarankan :

1. Perbanyak Sujud dengan menambah sholat tahajud  kepada Allah Swt.

2. Intropeksi diri.

 Bertaubat kepada Allah Swt, intropeksi diri apa yang kurang dalam diri kita. Sampai dimana ibadah kita (Sholat, Zakat, infaq baca  Alquran dan hati kita yang kotor). Bisa juga orang yang kita benci merupakan orang yang jadi jempatan oleh Allah Swt untuk menegur kita. Jangan menyalahkan orang lain, derita yang kita hadapi.

3. Rasa sabar dan Syukur.

     Pribadi yang lapang dada dan ikhlas akan ada jalan keluarnya kesulitan hidup.

Berhenti mengeluh, dibahas didalam Alquran surat Al Qolam ayat 48 :

Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya).

فَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ وَلَا تَكُنْ كَصَاحِبِ الْحُوتِ إِذْ نَادَىٰ وَهُوَ مَكْظُومٌ

Nasehat AA Gym untuk berhenti mengeluh antara lain :

”Hal terpenting dalam hidup adalah perubahan diri menjadi lebih baik. Doa yang baik adalah doa yang menjadikan seseorang lebih baik dalam hidupnya” (Aa Gym) 

”Adakah diantara kita yang merasa mencapai sukses hidup karena telah berhasil meraih segalanya : harta, gelar, pangkat, jabatan, dan kedudukan yang telah menggenggam seluruh isi dunia ini? Marilah kita kaji ulang, seberapa besar sebenarnya nilai dari apa-apa yang telah kita raih selama ini” (Aa Gym) 

”Tidak ada suatu teriakan nafas pun tanpa seizin Allah. Begitu pun dengan musibah, tidak ada suatu kejadian tanpa kehendak-Nya. Di akhir tahun ini kerap terjadi musibah, seperti kecelakaan pesawat, gempa, longsor, gelombang tsunami, dll. Bagi kita kejadian tersebut sesuatu yang menyengsarakan dan membuat panik, bahkan kita katagorikan kiamat. Padahal, Allah tidak semata-mata mendatangkan musibah kalau memang tidak sesuai dengan kesanggupan hamba-Nya; dan allah juga tidak semata-mata mendatangkan petaka jika tidak ada hikmah dibalik kehendak-Nya. Tinggal sekarang, sejauhmana kita bisa memetik hikmah dibalik kehendak-Nya” (Aa Gym)

Mulailah dari setiap bangun tidur ambil waktu untuk bersyukur setiap hari. Dan bersemangat dengan rutinitas sehari-hari dengan Basmalah dan takbir. Bersyukurlah atas pekerjaan kita, kesehatan kita, keluarga kita atau apaun yang dapat kita syukuri. Jangan melihat keatas tapi melihatlah kebawah kita. Bersyukurlah atas ketentuan Allah dan percayalah hidup kita akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama kita. Karena manusia selalu melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan kita dan kita terlalu sibuk mengeluh dengan derita kita.

Semakin banyak bersyukur atas apa yang kita miliki, maka semakin banyak hal yang akan kita miliki untuk disyukuri. Semakin kita mengeluh atas masalah yang kita alami, maka jangan heran jika rasanya semakin banyak masalah yang kita hadapai bukan jalan keluar yang kita inginkan.

Jangan mengeluh bila kita menghadapi kesulitan tetapi banyaklah selalu sujud kepada Allah Swt. Karena DIALAH yang menunjukan jalan keluarnya. Selalu berpikir positif dan kembangkan sikap penuh syukur lalu lihatlah perubahan hidup kita. 

Dan semangat, saya bisa menjalani kehidupan dunia dan berhenti mengeluh kepada orang lain tapi selalu mengeluh kepada Allah Swt. Siapa yang menjaga Allah Swt, pasti Allah Swt akan menjaganya.

Alhamdulillaah, Pagi ini petunjuk dari Allah Swt lewat  Kajian ust AA Hadi dan Cece Kirana. Titian Iman – O Channel jam 4.30 pagi.

 

Tentang rositaindrasari

Ibu 2 orang anak : Orchidita Lystia dan Pradita Rhagastra. Lulusan Sarjana Hukum Universitas Krisnadwipayana.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s