Shaum/Puasa Sesuai Tuntutan Rasul

O channel : Titian Iman : AA hadi dan Cece Kirana

Tanggal : 19 Oktober 2012

Shaum/Puasa Sesuai Tuntutan Rasul

 

Sebagian orang melakukan shaum sunnah dipelestkan karena tujuan mendapatkan pekerjaan, anak lagi ujian, ingin mendapat jodoh serta puasa hari kelahiran. Puasa hari kelahiran tidak ada tuntunan dari Rasul.

Orang yang sering melakukan shaum sunnah mendapat syafaat dari Nabi Muhammad Saw. Niat shaum dengan lahir dan batin dijaga dari hawa napsu (Ghibah, iri, dengki, amarah, naimah/mengadu domba, ria dll)

Puasa yang sesuai tuntutan Rasul antara lain :

1. Puasa Senin Kamis

2. Puasa Tiga Hari setiap Bulan Hijriyah (14-15-16 H) / Ayamul Biid.

3. Puasa Daud

4. Puasa di Bulan Sya’ban, Rosul mempersiapakan untuk menghadapi Ramadhan.

5. Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

6. Puasa di Awal Dzulhijah tapi diutamakan hanya tgl 9 Dzulhijah.

7. Puasa ‘Arofah

8. Puasa ‘Asyura

Orang yang rajin shaum sunnah tapi akhirnya kepribadiannya tidak berubah harus dipertanyakan pada dirinya. Mengapa ? Apakah niatnya masih urusan dunia.

 Niat Shaum sunnah senin – kamis dan ramadhan. Kalau niat shaum ramadhan sebelum subuh harus sdh diniatkan. Tetapi shaum senin – kamis bisa sesudah subuh. Ada riwayat, nabi menanyakan sarapan pagi apa sekarang. Jawab aisyah tidak ada. Maka langsung nabi meniatkan untuk shaum.

 QS : Annisa – 125

 

{125} وَمَنْأَحْسَنُدِينًامِمَّنْأَسْلَمَوَجْهَهُلِلَّهِوَهُوَمُحْسِنٌوَاتَّبَعَمِلَّةَإِبْرَاهِيمَحَنِيفًاوَاتَّخَذَاللَّهُإِبْرَاهِيمَخَلِيلًا


Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.

 

Shaum bisa merubah kepribadian yang lebih baik, asal diniatkan dengan ikhlas kerena Allah Swt dan Allah akan ridho. Dengan ridhonya Allah Swt doa kita akan banyak dikabulkan. Dengan memperbaiki dan meningkatkan shaum sunnah setiap saat. Orang yang rajin shaum sunnah semata-mata karena beribadah kepada Allah Swt akan mengguncangkan Arsy dan malaikat akan meminta kepada Allah Swt untuk menggabulkan permintaan hambanya.

Shaum bukan semata-mata karena anak mau ujian, minta jodoh, minta pekerjaan dengan gaji besar dan fasilitas bagus dll. Tapi orang yang rajin shaum tidak diimbangi dengan infaq kurang bagus hasilnya atau infaqnya hanya di bulan Ramadhan saja.

Ayo perbaiki shaum kita dengan niat beribadah kepada Allah Swt. Bukan tujuan permintaan dunia atau ria. Tetapi semata-mata karena beribadah kepada Allah Swt dan firman Allah Swt.

 

 

 

Tentang rositaindrasari

Ibu 2 orang anak : Orchidita Lystia dan Pradita Rhagastra. Lulusan Sarjana Hukum Universitas Krisnadwipayana.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s